• 082216962569
  • 089671874699

SELAMAT DATANG di www.kreditmotorhondabandungcimahi.net – DEALER RESMI SEPEDA MOTOR HONDA – PROMO MOTOR HONDA dengan DP TERMURAH DAN ANGSURAN TERINGAN di BANDUNG RAYA dan CIMAHI

6 penyebab warna cet rusak

6 hal yang perlu anda ketahui tentang penyebab warna cat motor menjadi rusak dan kusam :
1. Panas Dari Terik Matahari
2. Debu Yang Menempel
3. Terkena Air Hujan
4. Cipratan & Tumpahan Minyak
5. Proses Cuci Motor
6. Proses Pengeringan Kurang Tepat

 

Kenali 6 Hal Penyebab Warna Cat Motor Anda Menjadi Cepat Rusak

 

Motor yang kotor dan kusam biasanya kurang enak dipandang dan bisa jadi mencerminkan penggunanya. Merawat dan menjaga sepeda motor kesayangan itu bukan hanya soal menjaga kinerja mesinnya juga, melainkan juga merawat estetika penampilan motor seperti warna catnya. Jangan sampai hanya sekedar bisa membeli dan memakai, tapi juga harus pintar merawat agar kualitasnya tetap terjaga selamanya.

Berikut 6 hal yang perlu anda ketahui tentang penyebab warna cat motor menjadi rusak dan kusam :

1. Panas Dari Terik Matahari

Parkiran Tempat Terbuka

Kejadian ini biasa terjadi dari penempatan parkir motor ditempat yang terbuka. Panas dari sinar matahari sangat berpengaruh pada pudarnya warna cat motor, apalagi parkirnya berlangsung lama sampai bejam-jam. Radiasi sinar ultraviolet (UV) yang ada di terik matahari mampu mendekonstruksi lapisan cat, yang mengakibatkan warna cat motor menjadi kusam, pudar, atau menguning.

Solusi

Parkirkan motor kesayangan anda ditempat yang teduh atau tertutup. Dapat juga dengan menutupi motor dengan sarung motor yang kini banyak dijual di toko-toko aksesoris motor.

2. Debu Yang Menempel

Debu Yang Menumpuk

Debu yang terlalu lama melekat di bodi akan membuat daya kilap plastic semakin berkurang. Jangan anggan sepele, debu yang menebal di bodi motor dapat berakibat bodi motor cepat baret-baret. Partikel halus pengganggu yang hampir selalu hinggap di motor ini juga bisa membuat keindahan warna motor kita terganggu.

Solusi

Luangkan waktu  untuk mencuci motor kesayangan anda. Jangan mengelap debu langsung dengan lap kering karena Lap kering hanya menyebabkan baret-baret tipis di permukaan body. Lebih baik lap dengan kain microfiber (kanebo) serta biasakan langsung membasuh debu dengan air supaya partikel lembut tersebut luntur dari body.

3. Terkena Air Hujan

Kotoran Setelah Turun Hujan

Kotoran Setelah Turun Hujan

Untuk daerah perkotaan, polusi udara bikin kondisi air hujan jadi makin asam yang akan berpengaruh ke warna cat motor. Air hujan mengandung zat asam nitrat (HNO3) yang dapat merusak lapisan pengkilap cat motor. Terlebih lagi zat ini dapat mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti  pada mesin dan sasis.

Solusi

Memang sulit terhindarkan air hujan ini. Selalu bilas motor yang telah terkena air hujan dengan air bersih dan jangan sampai menundanya.

4. Cipratan & Tumpahan Minyak

Tumpahan Minyak

Tumpahan Minyak

Anda harus berhati-hati dengan yang namanya minyak rem. Cairan ini memang penting fungsinya dalam fungsi pengereman. Namun minyak rem adalah salah satu musuh cat yang dimana pada saat lagi di bengkel dan tak sengaja ada cipratan minyak rem di bodi motor yang dapat meresap kedalam lapisan cat. Selain minyak rem, bahan bakar minyak dapat mempengaruhi cat motor. BBM ini biasa terjadi pada saat pengisian bensin.

Solusi

Pada saat anda mengetahui body motor terkenda cipratan dan tumpahan minyak. Segera mungkin bersihkan dengan lap mikrofiber atau kanebo.

5. Proses Cuci Motor

Cuci Motor

Cuci Motor

Rusaknya cat motor biasanya diakibatkan karena proses pencucian yang kurang baik, misalnya menggunakan sabun colek atau deterjen untuk mencuci motor. Padahal, baik sabun colek maupun deterjen memiliki kandungan zat kimia keras yang bisa merusak kualitas dan mengikis cat motor.

Solusi

Solusi yang baik menggunakan shampoo khusus motor yang sudah tersedia di toko dan super market. Cuci motor disaat mesin dalam kondisi dingin dan tempatkan diposisi tempat teduh.

6.      Proses Pengeringan Kurang Tepat

Bercak Setelah Dicuci

Bercak Setelah Dicuci

Proses pengeringan juga menjadi faktor berkurangnya kualitas cat pada motor. Pengeringan yang kurang sempurna seperti bercak air yang tertinggal pada bodi motor, dapat membuat munculnya noda air atau jamur yang nantinya sulit dihilangkan.

Solusi

Keringkan seluruh bagian motor hingga ke bagian celah-celah setelah anda selesai mencuci motor. Pergunakan kanebo atau kain halus lainnya yang tidak akan menggores cat motor.

©2016 Kredit Motor Honda Bandung Cimahi All right reserved   Developed by javwebnet